Masalah privasi merupakan masalah yang sangat pelik di Facebook.
Tidak jarang karena masalah privasi ini, Facebook mendapat kritikan dan
juga harus maju ke pengadilan. Kasus-kasus ekstrim yang terjadi, bermula
dari privasi Facebook yang memang sangat longgar. Khususnya bagi
remaja, banyak kasus yang menimpa mereka karena tidak mengerti masalah
privasi di Facebook.
Untuk itulah Facebook meluncurkan sebuah kampanye untuk publik yang
khusus ditujukan bagi remaja. Facebook bekerja sama dengan kejaksaan
Amerika Serikat merilis kampanye kesadaran publik yang bertujuan untuk
menjaga para remaja lebih aman ketika menggunakan Facebook.
Kampanye ini tentu saja sangat penting. Sebagian besar remaja hanya
tahu bersosialisasi di Facebook, tetapi tidak mengetahui cara melindungi
diri mereka dari orang yang berniat jahat di Facebook. Tidak hanya di
Amerika Serikat, di Indonesia pun sangat banyak kejahatan yang menimpa
remaja bermula dari pertemanan yang tidak aman di Facebook.
Kampanye kesadaran publik untuk melindungi remaja ini antara lain
terdiri dari iklan layanan masyarakat dan sumber informasi lainnya yang
bertujuan untuk mendidik remaja agar menjaga konten tetap pribadi dan
relevan.
Dengan kampanye kesadaran publik ini tentu Facebook berharap para
remaja bisa mengetahhui banyak hal dan cara-cara praktis untuk menjaga
privasi mereka di Facebook. Dengan demikian diharapkan remaja bisa
memperketat privasi mereka dan tidak membagi konten secara sembarangan.
Remaja dengan karakteristik mereka yang khusus memang perlu edukasi
lebih agar bisa menjaga diri mereka di Facebook. Remaja sering jadi
sasaran empuk kejahatan yang bermula karena pertemanan di Facebook.
Untuk itulah, Facebook berkewajiban melakukan kampanye privasi untuk
remaja, tidak hanya di Amerika Serikat, tetapi juga di negara lain yang
pengguna Facebook-nya sangat tinggi seperti di Indonesia.
sumber
sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar